Kawasan Teknologi Pembelajaran


KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Definisi tahun 1994 dirumuskan dengan berlandaskan lima bidang garapan bagi teknologi pembelajaran, yaitu Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan, dan Penilaian. Kelima hal ini merupakan kawasan dari bidang teknologi pembelajaran. Hubungan antar kawasan bersifat sinergistik. Setiap kawasan memberikan konstribusi terhadap kawasan yang lain dan kepada penelitian maupun teori yang digunakan bersama oleh semua kawasan.
Deskripsi Kawasan     :
1.      Kawasan Desain
Desain adalah proses untuk menentukan kondisi belajar. Tujuan desain ialah untuk menciptakan strategi dan produk pada tingkat makro, seperti progam dan kurikulum, dan pada tingkat mikro, seperti pelajaran dan modul. Jadi, ruang lingkup desain pembelajaran telah diperluas dari sumber belajar atau komponen individual system ke pertimbangan maupun lingkungan yang sistemik.
Kawasan desain meliputi studi mengenai       :
a.       Desain sistem pembelajaran
Desain sistem pembelajaran adalah proses yang terorganisasi yang meliputi langkah – langkah penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian,dan penilaian pembelajaran. Dalam desain system pembelajaran, proses sama pentingnya dengan produk sebab kepercayaan atas produk berlandaskan pada proses.
b.      Desain pesan
Desain pesan meliputi “perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan”(Grabowski,1991:206). Prinsip – prinsip desain pesan akan berbeda tergantung pada apakah medianya bersifat statis, dinamis atau kombinasi dari keduanya (misalnya, suatu potret, film, atau grafik komputer).

c.       Strategi pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu pelajaran.
d.      Karakteristik pebelajar
Karakteristik pebelajar adalah segi – segi latar belakang pengalaman pebelajar yang berpengaruh terhadap efektivitas proses belajarnya.
Kecenderungan dan permasalahan dalam kawasan desain berpusat pada penggunaan desain system pembelajaran yang tradisional, aplikasi teori belajar dalam desain, dan pengaruh teknologi baru pada proses penyusunan desain.

2.      Kawasan Pengembangan
Pengembangan adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik. Kawasan pengembangan berakar pada produksi media. Kawasan pengembangan mencakup banyak variasi teknologi yang digunakan dalam pembelajaran. Pada dasarnya kawasan pengembangan dapat dijelaskan dengan adanya :
a.       Pesan yang didorong oleh isi
b.      Strategi pembelajaran yang didorong oleh teori
c.       Manifestasi fisik dari teknologi – perangkat keras,perangkat lunak dan bahan pembelajaran.
Kawasan pengembangan diorganisir ke dalam 4 kategori yaitu :
1)      Teknologi cetak
Teknologi cetak adalah cara untuk memproduksi atau menyampaikan bahan, seperti buku – buku dan bahan – bahan visual yang statis, terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografis.
2)      Teknologi audiovisual
Teknologi audiovisual merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan – pesan audio dan visual.


3)      Teknologi berbasis komputer
Teknologi berbasis computer merupakan cara – cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor.
4)      Teknologi terpadu
Teknologi terpadu merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan komputer.
Kecenderungan dan permasalahan teknologi cetak dan teknologi audiovisual mencakup peningkatan perhatian terhadap desain teks, kerumitan visual serta penggunaan isyarat warna (Berry, 1992). Selain itu dalam teknologi komputer dan teknologi terpadu dari kawasan pengembangan terletak pada tantangan mendesain teknologi interaktif, penerapan konstruktivisme dan teori belajar sosial, system pakar dan otomisasi peralatan pengembangan, serta aplikasi untuk belajar jarak jauh.

3.      Kawasan Pemanfaatan
Pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Pemanfaatan menuntut adanya penggunaan, deseminasi, difusi, implementasi, dan pelembagaan yang sistematis. Kawasan pemanfaatan dibagi menjadi 4 kategori yaitu :
a.       Pemanfaatan media
Pemanfaatan media yaitu penggunaan yang sistematis dari sumber untuk belajar. Proses pemanfaatan media merupakan proses pengambilan keputusan berdasarkan pada spesifikasi desain pembelajaran.
b.      Difusi inovasi
Difusi inovasi adalah proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan untuk diadopsi.
c.       Implementasi dan pelembagaan
Implementasi adalah penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan tersimulasikan). Sedangkan pelembagaan adalah penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi.
d.      Kebijakan dan regulasi
Kebijakan dan regulasi adalah aturan dan tindakan dari masyarakat (atau wakilnya) yang mempengaruhi difusi atau penyebaran dan pengguunaan teknologi pembelajaran.
Kecenderungan dan permasalahan dalam kawasan pemanfaatan umumnya berkisar pada kebijakan dan peraturan yang mempengaruhipenggunaan, difusi, implementasi dan pelembagaan. Masalah lain yang berhubungan dengan kawasan ini ialah bagaimana gerakan restrukturisasi sekolah dapat mempengaruhi penggunaan sumber pembelajaran.

4.      Kawasan Pengelolaan
Pengelolaan meliputi pengendalian teknologi pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan supervise. Pengelolaan biasanya merupakan hasil dari suatu sistem nilai. Ada 4 kategori dalam kawasan pengelolaan yaitu :
a.       Pengelolaan proyek
Pengelolaan proyek meliputi perencanaan, monitoring, dan pengendalian proyek desain dan pengembangan. Peran pengelolaan proyek biasanya berhubungan dengan cara mengatasi ancaman projek dan memberikan saran perubahan ke dalam.
b.      Pengelolaan sumber
Pengelolaan sumber mencakup perencanaan, pemantauan, dan pengendalian sistem pendukung dan pelayanan sumber. Pengelolaan sumber sangat penting artinya karena mengatur pengendalian akses.
c.       Pengelolaan system penyampaian
Pengelolaan system penyampaian meliputi perencanaan, pemantauan, pengendalian “cara bagaimana distribusi bahan pembelajaran diorganisasikan….Hal tersebut merupakan suatugabungan medium dan cara penggunaan yang dipakai dalam menyajikan informasi pembelajaran kepada pebelajar”(Ellington dan Harris,1986:47).
d.      Pengelolaan Informasi
Pengelolaan informasi meliputi perencanaan, pemantauan dan pengendalian cara penyimpanan, pengiriman/pemindahan, atau pemrosesan informasi dalam rangka tersedianya sumber untuk kegiatan belajar.
Kecenderungan terhadap peningkatan dan pengelolaan kualitas dari dunia industry nampaknya akan menyebar ke dunia pendidikan. Perkawinan antara system informasi dan pengelolaan akan berkembang dan berpengaruh terhadap teknologi pembelajaran dalam pengertian bahwapengambilan keputusan pengelolaan akan menjadi semakin bergantung pada komputerisasi informasi.

5.      Kawasan Penilaian
Penilaian ialah proses penentuan memadai tidaknya pembelajarandan belajar. Dalam kawasan penilaian terdapat 4 sub kawasan yaitu :
a.       Analisis masalah
Analisis masalah mencakup cara penentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi pengumpulan informasi dan pengmbilan keputusan.
b.      Pengukuran acuan – patokan (PAP)
Pengukuran acuan patokan meliputi teknik – teknik untuk menentukan kemampuan pebelajar menguasai materi yang sebelumnya telah ditentukan.
c.       Penilaian formatif
Penilaian formatif yaitu berkaitan dengan pengumpulan informasi tentang kecukupan dan penggunaan informasi ini sebagai dasar pengembangan selanjutnya.
d.      Penilaian sumatif
Penilaian sumatif berkaitan dengan pengumpulan informasi tentang kecukupan untuk pengambilan keputusan dalam hal pemanfaatan.
Teknologi baru telah menimbulkan permasalahan baru pada kawasan penilaian. Keadaan ini menuntut kebutuhan akan teknik dan metoda baru. Sebagai contoh, perhatian perlu diarahkan pada perbaikan penilaian tentang proyek – proyek belajar jarak jauh.


Sumber : Barbara B.Seels.1994.Teknologi Pembelajaran.Jakarta : UNJ 







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar